Apa itu Fiber Optik , Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik


HAL YANG SANGAT IDENTIK DENGAN JURUSAN TJA




HAL YANG SANGAT IDENTIK DENGAN JURUSAN TJA


Apa sih hal yang sangat identik dengan TJA? jadi yang akan saya bahas pada pertemuan ke-2  yaitu Mengenai KABEL OPTIK atau FIBER OPTIK.

  • FIBER OPTIC


        Fiber Optic adalah sebuah teknologi kabel yang menggunakan kaca Silica dengan kualitas Ekstra tinggi sbagai bahan dasarnya,yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal-sinyal data yang berupa cayaha dari suatu tempat ke tmepat lainnya.Sumber cahaya yang digunakan untuk mentransmisikannya adalah Cahaya  Laser atau LED.Kabel ini memiliki diameter kurang lebih 120 mikrometer.Cahaya yang di dalam serat opti tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar dar pada indeks bias di udara,karena laser memiliki spektrum yang sangat sempit.kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sbagai saluran komunikasi.


  Perkembangan teknologi serat optik saat ini telah dapat menghasilkan pelemahan(attenuation)kurang daro 20dB(decibels /dB per KM).Dengan lebar jalur/lebar pita (Bandwidth)yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat di bandingkan dengan penggunaan kabel.


  • Bagian-bagian Kabel Optik secara mendasar

Struktur dasar Kabel Optik

  1. Core       : Kaca tipis yang merupakan bagian inti serat optik ,dimana pengiriman sinyal                              dilakuan  di inti tersebut.
  2. Cladding :Merupak lapisan  materi / sebagai kaca yang mengelilingi inti (core) yang berfingsi                    untuk memantulkan kembali sinar kedalam inti(core)
  3. Coating   :Merupakan lapisan plastic pelapis yang melindingi cladding dan core dari kerusakan.



Ini dia gambar dari Fiber Optic:


Foto Kabel Optic

Dengan demikian serat optik sangat cocok digunakan terutama dalam aplikasi sistek Telekomunikasi.Pada prinsipnya serat optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang di pancarkan oleh LightSource(Sumber Cahaya) yang merambat di dalamnya.Efisiensi dari serat optik ditentukan ditentukan oleh kemurnian daribahan penyusunnya yatu Gelas/Kaca Silica,Semakin murini bahannya maka smakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.


  • Kelebihan dari serat optik.
  1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data,dapat memuat kapasitas Informasi yang sangat banyak dan Besar dengan kecepatan tranmis yang sangat cepat di badingakan dengan media transmisi yang lainnya.
  2. Biaya pemasangan dan pengoperasian   yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  3. Ukuran yang sangat kecil dan ringan , sebingga hemat pemakaian ruang.
  4. Kebal dalam gangguan elektromagnetik dan gangguan radio
  5. Non-Penghantar ,tidak ada tenaga listrik dan percikan api
  6. Tidak akan berkarat
  • Kekurangan dari serat optik
  1. Perawatan dan pemasangan lebih sulit dari media transisi lain
  2. Kabel ini tidak bisa dipasang di tempat yang memiliki belokan yang tajan ,karena fiber optic menggunakan media cahaya ,jika kabel tertekuk sekali maka cakaya akan bocor dan mengalir ke tekukan tersebut.
  3. Harga relatif mahal jika dibandingkan dengan kabel lainsejenis UTP
  4. Membutuhkan tenaga yang profesional dalam menangani gangguan .

Mungkin cukup dahulu untuk di Post-an saya yang ke-2 ,mengenai FIBER OPTIC .Untuk Post selanjutnya saya akan membahas mengenai ada alat-alat apa saja yang Berhubungan dengan FIBER OPTIC seperti,Fusion Splicer,Fiber Cleaver,Fiber Stripper,Connector,Adapter,Alcohol,Tissue,Universal Closure,dan masih banyak lagi.
SEE YOU NEXT TIME !!.. 
  
NB: Jika ada yang ingin di tanyakan ,atau ingin Request Postingan Mengenai Smk Telko,TJA ,atau lain2 yang berhubungan dengan Telkom,Bisa Coret-Coret aja di Kolom Komentar yahh :)
Jangan lupa budidayakan Kesopanan :)







Post a Comment

1 Comments