Atal-Alat Fiber Optik

ALAT-ALAT YANG BERHUBUNGAN DENGAN FIBER OPTIK

















Setelah kita pada post sebelumnya membahas tentang Fiber Optik,nah pada postingan kali ini,kita akan bahsa mengenai Alat-alat yang identik dengan Fiber Optik.

 Nama Alat:

  1. Fusion Splicer














Fusion Splicer ini merupakan alat yang berfungsi untuk penyambungan fiber optik dengan 

menggunakan 2 Elektroda yang ada di dalamnya.
      
      2.Fiber Cleaver














Alat yang sangat identik dengan serat optik ,yaitu yang berfungsi untuk pemotong ujung serat yang telah terkupas pada bagian coatingnya, dengan tujuan supaya ujung core rapi ,dan pada saat didambungkan dengan fusion splicer dapat disambung dengan mudah dan menghasilkan dB rendah.

      3.Fiber Stripper









Alat yang berfungsi untuk mengupas bagian coating Fiber Optik,supa cladding dan coating dapat terpotong.

      4.Tissue













Material yang berfungsi untuk membersihkan kotoran yang di tambah dengan alcohol,dan berfungsi untuk membersihkan Jelly yang ada pada fiber optic.

      5.Alcohol














campuran bahan ang dituangkan pada tissue untuk membersihkan Jelly dan debu yang menempel pada serat optik tersebut dan dalam memilih Alcoho lebihbaik menggunakann Alcohol yang memiliki kadar Alcohol lebih besar 97-100%.
      
      6.Connector






Alat yang berfungsi untuk menghubungkan Serat Optik dengan suatu perangkat tertentu sesuai dengan penggunaannya.berada pada Patch Cord , Pigtail,dan lain-lain.

      7.Adapter










Merupakan alat yang tergolong untuk Mekanikal Splice yaitu sambungan tanpa adanya penyambungan menggunakan  Fusion Splicer,yaitu cukup dengan manggabungkan kedua ujung konektor dan dimasukan pada adapter










Post a Comment

0 Comments